Beberapa Produk Bank Syariah Dan Penjelasannya

Produk Bank Syariah – Perkembangan Ekonomi Syariah sudah sejak lama muncul kepermukaan sejak berabad-abad lalu. Banyaknya cendikiawan muslim sudah memerangi transaksi- transaksi yang menyebabkan kebatilan atau malapetaka. Karena menurut perhitungan muslim, bila kita meminjam 100 maka harus dikembalikan tepat 100, tidak lebih atau tidak kurang. Terkecuali terdapat kesepakatan antara duabelah pihak serta tidak memberatkan salah satu pihak. Oleh karena itu lahirlah sistem ekonomi Syariah beserta beberapa produk bank syariah, agar mampu memudahkan dan menjadi pilihan yang tepat bagi masyarakat.

Produk Ekonomi Syariah Menjadi Pilihan Yang Tepat

Produk dari Bank konvensional tentu selalu menggiurkan. Tetapi, apakah hal tersebut sudah sesuai dengan prinsip keadilan atau hanya mengejar keuntungan pihak bank saja? Dan hal itulah yang mendorong revolusi dari sistem perbankan. Pada abad ke- 20 ini, lembaga keuangan dengan sistem ekonomi syariah sudah berkembang dengan sangat pesat dan biasanya lembaga keuangan itu hadir di tengah- tengah mayoritas para umat muslim.

Tentu perkembangan tersebut tidak hanya sekedar di negara Indonesia saja, tetapi hampir seluruh pakar ilmu ekonomi Syariah, berasal dari negara yang mayoritas Muslim. Setelah itu mereka membentuk komitmen untuk bisa memperbaiki tatanan keuangan yang berdasarkan prinsip keadilan. Sejauh ini, lembaga keuangan syariah, menghasilkan banyak produk bank syariah yang mampu menunjukkan harapan besar bagi masyarakat.

Seluruh pengamat keuangan sudah sepakat, bahwa sistem yang dikeluarkan oleh sistem keuangan syariah ini mampu menunjukkan banyak perubahan yang sangat signifikan. Sejauh ini, sistem pertumbuhan keuangan syariah mampu berkembang pesat di titik 10 sampai 15 % per tahunnya. Hal itu berkaitan dengan aset- aset yang tersebar di hampir seluruh dunia.

Penjelasan Produk Syariah Dalam Perbankan

Berlandaskan Al- Quran dan Al- Hadist, membuat kekuatan keuangan lembaga syariah sangat baik dalam tatanan kehidupan. Terutama menciptakan produk- produk yang mampu membantu usaha- usaha halal di perspektif hukum dan syariat Islam. Apa saja Produk Bank Syariah yang harus diketahui? Simak penjelasan dibawah ini

  1. Sistem Titipan dan Simpanan

Dalam sistem Syariah, titipan dan simpanan disebut dengan Al-Wadi’ah bersifat tetap dan Mudharabah bersifat bergerak. Bila disederhanakan titipan simpanan Al-Wadi’ah sama dengan tabungan atau juga deposito yang ada di bank Konvensional. Dalam Al-Wadi’ah titipan kita tentu akan dijaga dan tidak boleh di pergunakan oleh pihak bank.

Hampir sama tetapi berbeda sistem yaitu dikenal Mudharabah. Sistem ini sebenarnya sama seperti Al-Wadia’ah. Letak perbedaannya Mudharabah mengijinkan pihak Bank untuk mempergunakan dana titipan kita. Lalu bila terdapat keuntungan yang signifikan maka sistem bagi hasil adalah sebuah pilihan kebijakan yang biasanya di terapkan pada sistem ini. Pada dasarnya, hal tersebut sudah disepakati oleh kedua belah pihak.

  • Sistem Bagi Hasil

Mudharabah sendiri dapat disesuaikan dengan beberapa kebijakan investasi. Sehingga kita memungkinkan untuk memilih jenis investasi logis yang biasanya diajukan oleh bank. Disamping itu terdapat produk Al-Musyarakah atau biasa di samakan dengan sistem reksa dana. Pada sistem ini, dana Anda akandigunakan pada sebuah investasi jangka pendek atau jangka panjang. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang adil bagi sebagian besar pelaku transaksi.

  • Sistem Jual Beli

Produk yang lainnya adalah Bai’ Al-Murabahah dan Bai’ As-Salam. Biasanya nasabah akan ditawarkan untuk menggunakan dananya dalam membeli produk- produk tertentu lalu menjualnya. Bank Syariah sebagai pihak penyelenggara tentu sudah memperkirakan hal terbaik dengan hitungan pasti atau hitungan logis. Sedangkan Bai’ As- Salam adalah sebuah transaksi pembelian aset sebagai jalur investasi yang nantinya akan membantu sebuah golongan masyarakat. Contohnya membeli aset pertanian.

Itulah beberapa produk Bank Syariah yang nantinya bisa kita nikmati untuk kelangsungan hidup umat manusia, pengetahuan tentang sistem dan produk Syariah tentu sangatlah penting bagiumat sehingga kita seharusnya lebih memilih sistem keuangan dengan berdasarkan hukum syariah.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *