Pengertian Investasi Syariah Dan Macam-Macamnya Yang Banyak Diminati Saat Ini

Pengertian investasi syariah – Investasi saat ini menjadi salah satu cara bagi sebagian orang untuk mendapatkan keuntungan dan juga mengamankan dana yang mereka miliki untuk kebutuhan di masa depan. Karena banyaknya minat untuk menjalani investasi, akhirnya muncul berbagai jenis investasi yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang untuk masa depan mereka. Salah satunya adalah investasi syariah. Nah, kali ini kita akan membahas mengenai pengertian investasi syariah dan macam-macamnya.

Pengertian Dari Investasi Syariah

Investasi syariah merupakan upaya mengamankan dana agar bisa berkembang di kemudian hari dengan menggunakan dan juga mengindahkan hukum-hukum syariah. Dalam investasi syariah, Anda wajib mengikuti aturan-aturan keuangan syariah sehingga investasi tersebut tidak merugikan atau menjauh dari kaidah islami.

Dalam pembahasan konsep dari investasi syariah, yakni konsep investasi yang sudah sesuai dengan kaidah-kaidah aturan yang aada di dalam agama Islam, maka Anda harus memperhatikan beberapa aspek yang akan menjadi bahan penentu dari aktivitas sebuah investasi, beberapa aspek normatif yang nantinya menjadi sebuah pemicu adanya kegiatan investasi yakni aspek dari konsep kekayaan dan juga aspek dari penggunaan kekayaan.

Dengan berinvestasi secara syariah berarti Anda sudah menjauhi riba yang merupakan salah satu hal haram dalam dunia keuangan syariah.

Jenis Investasi Syariah

Setelah memahami pengertian investasi syariah, selanjutnya adalah mengenal macam-macam investasi syariah. Berikut penjelasn lengkapnya.

  1. Investasi Deposito Syariah

Semakin banyak bermunculan bank syariah di Indonesia, tentunya bank ini mampu membuat berbagai jenis produk keuangan yang akan memudahkan masyarakat agar bertransaksi sesuai hukum syariat Islam. Produk yang ditawarkan oleh bank syariah dan masih sangat diminati ialah deposito syariah. Pada dasarnya mekanisme dari deposito syariah ini cukup mudah, nasabah akan memberikan modal pada pihak bank syariah untuk digunakan berbisnis.

Pembagian hasil dari bisnisnya nanti akan disepakati dalam jumlah persen dikalikan dengan hasil dan juga biasanya akan ada akad yang harus disetujui terlebih dulu di awal dan juga hasil dari keuntungannya akan dibagi pada akhir periode.

Jika kita lihat dari sisi bagi hasilnya, investasi deposito syariah ini memiliki keuntungan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis tabungan syariah.

Biasanya pihak bank akan memberikan imbal hasil dari investasi deposito syariah ini hampir setara dengan keuntungan suku bunga sebesar 6% hingga sebesar 12%. Angka ini juga diperoleh dari fakta investasi deposito syariah yang ada di bank syariah dan juga Bank Pembiayaan Rakyat Syariah.

  1. Investasi Reksadana Syariah

Investasi syariah yang selanjutnya adalah reksadana syariah. Investasi syariah jenis ini menjadi satu alternatif investasi dengan peminat paling banyak di kalangan investar syariah. Pasalnya, imbal hasil yang diberikan oleh reksadana syariah ini bisa jauh lebih besar dibandingkan investasi  reksadana konvensional yang ada di bank konvensional.

Seperti yang sudah kita ketahui, investasi jenis reksadana syariah ini hanya membutuhkan modal yang sangat terjangkau, Anda bisa memulainya dengan modal minimal Rp100.000 saja. Investasi reksadana syariah di berjalan sesuai dengan aturan syariah.

Setiap jangka enam bulan, Bursa Efek Indonesia nantinya mengeluarkan Daftar Efek Syariah  atau DES yang akan bisa berubah-ubah statusnya tergantung dari kondisi perusahaan.

Itulah pengertian investasi syariah dan juga beberapa jenis investasi syariah yang saat ini banyak diminati oleh para investor syariah, selain sesuai dengan ajaran agama islam, investasi syariah juga banyak memberikan keuntungan yang besar.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *