Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Syariah Yang Harus Anda Ketahui

Kelebihan dan Kekurangan Sistem Ekonomi Syariah – Islam sangat mengakui bila terdapat perbedaan jenjang ekonomi dalam setiap individu. Tetapi bila melihat pada praktiknya di zaman sekarang ini, jenjang sosial ekonomi tersebut sangat jauh dengan ketetapan hukum- hukum Allah. Sehingga dampak hal tersebut mampu melemahkan tatanan kemanusiaan dengan lahirnya sistem kapitalisme.

Pada dasarnya, rizki yang Allah sudah turunkan tentunya berbeda, tergantung individu yang akan mendapatkannya. Namun, bukan berarti dia yang beruntung bisa semena- mena dan tidak peka terhadap sesama manusia lain. Dalam artian yang kaya makin kaya dan yang miskin semakin miskin.  Sehingga untuk menghadapi ujian Rizki haruslah didasari oleh keimanan dan pengetahuan akan janji- janji Allah serta menghilangkan paradigma kapitalisme yang anti ketuhanan. Pada tatanan sistem syariah tentu sangat berhasrat memperbaiki paradigma yang ada. Meskipun kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi Syariah akan selalu ada karena tentunya tidak pernah ada yang sempurna dari sebuah sistem.

Kelebihan dalam sistem Ekonomi Syariah

Berikut ini ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh sistem ekonomi syariah yang wajib Anda ketahui.

  1. Kebebasan Dan Pemerataan Dalam Sebuah Keputusan

Nilai Tauhid atau iman kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala merupakan nilai landasan hidup sebagai seorang muslim. Nilai tauhid tersebut tentu sangat berarti. Terlebih ketauhidan akan selalu berhubungan dengan syariat atau tatacara yang sudah di tetapkan oleh Rasul. Oleh karena itu, bila memahami sistem ke Tauhidan yang benar maka umat manusia akan memiliki nilai keberanian dan kepercayaan diri dalam hal apapun, khususnya untuk membuat sistem ekonomi yang indah.

Sistem ekonomi syariah mengacu kepada kebebasan di setiap individu untuk menyumbangkan pemikirannya. Karena dalam unsur ekonomi Syariah, tentu tidak boleh ada paksaan atau unsur- unsur yang membuat salah satu pegiat transaksi mengalami kerugian yang tidak masuk akal.

  • Pengakuan Hak Kepemilikan

Kepercayaan dan Keadilan tentu sangat di jaga di sistem perekonomian Syariah ini. Contohnya dengan produk mudharabah, dimana pihak Bank tidak boleh menggunakan dana simpanan nasabah sebelum mendapatkan persetujuan. Oleh karena itu, sistem ini sangatlah baik, dan dirasakan manfaatnya meski oleh nasabah- nasabah non muslim.

  • Jaminan Sosial Dan Hak Untuk Individu

Sejatinya, negara wajib melindungi hak bagi setiap individu atau masyarakatnya. Sistem perekonomian syariah tentu memiliki nilai standar tinggi untuk mengatur setiap hak dan kewajiban yang baik bagi para warganya. Maka jaminan hak sosial adalah salah satu kelebihan dari sistem ekonomi syariah ini. Dengan adanya tatanan sistem ekonomi syariah maka setiap tugas pokok tersebut menjadi tanggung jawab setiap unsur birokrasi pemerintahan. Karena di sistem ini, kesejahteraan atas pengelolaan sumber daya alam harus dirasakan secara merata dan bukan untuk kepentingan salah satu kelompok saja.

Kekurangan Sistem Ekonomi Syariah

Setelah kita membahas mengenai kelebihan yang dimiliki oleh sistem ekonomi syariah, selanjutnya adalah kekurangan dari sistem ekonomi syariah. Berikut penjelasan lengkapnya.

  1. Perkembangan Yang Lambat

 Kekurangan pada sistem ekonomi syariah terletak pada bagaimana sumber daya manusianya mampu bergerak. Contohnya kekurangan sistem ini terletak pada literatur manuskrip Islam yang tentunya masih berasal dari teks- teks arab. Oleh karena itu, bagi sebagian besar peneliti, hambatan ini menjadi kekurangan yang cukup mendasar.

Sejauh ini, masyarakat sudah terbiasa dengan kenyamanan gerak sistem konvensional. Meskipun sakit- sakitan dalam tubuh perekonomian mereka, namun tetap saja hal ini selalu menjadi pilihan yang tidak bisa dihindari. Hal tersebut sangat terasa, terlebih untuk masyarakat yang berada di garis ekonomi menengah kebawah.

  • Belum Seutuhnya Menerapkan Praktik Syariah

Karena Praktik ekonomi konvensional yang lebih dikenal, maka praktik syariah selalu dikesampingkan. Karena masih di anggap baru, praktik ekonomi syariah ini menjadi sebuah hambatan bagi para pelaku- pelaku bisnis haram. Oleh sebab itu, beberapa bank syariah tidak sepenuhnya menerapkan sistem ini dan masih menyatupadukan sistem ekonomi syariah dengan konvensional.

Dengan penjelasan diatas, diharapkan pengetahuan akan kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi syariah setidaknya sudah terpenuhi. Anda juga bisa mengkaji lebih jauh mengenai kelebihan dan kekurangan sistem ekonomi syariah sebagai tolak ukur di sistem mana Anda akan membelanjakan dan mengamankan kekayaan Anda.

Submit Your Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *